Menkeu Ceramah di Depan Ratusan Mahasiswa STAN

(Jakarta – Depkeu) Dalam kunjungan ke Kampus STAN Jurang Mangu, Tangerang, Banten, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Pejabat Eselon I dan Staf Ahli Khusus, Kamis pagi (11/01) telah menyampaikan ceramah Kuliah Umum kepada Mahasiswa STAN. Dalam ceramahnya yang dihadiri oleh Direktur STAN, Suyono Salamun beserta selurh staf pengajar dan mahasiswa tersebut, Menteri Keuangan mengatakan bahwa ada tiga tantangan yang akan dihadapi lulusan STAN saat terjun ke lingkungan kerja di Departemen Keuangan.

Pertama adalah tantangan ideologi. Ketika masih menjadi mahasiswa, alumni STAN memiliki idealisme yang tinggi untuk memperbaiki Departemen Keuangan, akan tetapi saat terjun di dunia kerja, idealisme tersebut seperti hilang tak berbekas. Menteri Keuangan mengatakan bahwa jabatan adalah amanah. Baik saat jabatan kita rendah maupun tinggi, kita harus tetap menganggap jabatan tersebut adalah amanah, jangan sampai ketika jabatan kita tinggi, kita menganggap segala fasilitas yang kita dapatkan untuk kesenangan pribadi. Mahasiswa STAN harus mampu mempertahankan ideologi meraka ketika berada di dunia kerja.

Kedua adalah tantangan untuk selalu memperbaiki diri. Sebagai mahasiawa yang intelektual, seyogyanya mahasiawa STAN jangan suka mengkritik orang lain sebelum mengintrospeksi dan memperbaiki dirinya sendiri. Apabila ingin Indonesia maju, janganlah suka menyalahkan dan mengkritik generasi sebelumnya. Yang harus dilakukan adalah mengerjakan apa yang diamanahkan kepadanya sebaik mungkin. Tidak ada yang harus disesali di Republik Indonesia ini.

Ketiga adalah tantangan untuk menjadikan negara Indonesia menjadi surga bagi penduduknya. Mahasiswa STAN diharapkan untuk tidak hanya memikirkan akhirat saja, akan tetapi juga harus memikirkan dunianya, Republik Indonesia, agar menjadi surga bagi semua yang ada di dalamnya. Dan untuk mewujudkan surga itu dibutuhkan kerja keras.

Di akhir ceramah, Menteri Keuangan berpesan bahwa Mahasiswa STAN harus ada yang menjadi Menteri Keuangan. Untuk itu mahasiswa STAN harus siap menghadapi lima pertempuran yaitu pertempuran terhadap birokrasi dalam tubuh Depkeu, pertempuran dengan DPR, Pertempuran dengan anggota kabinet lain, pertempuran dengan market dalam negeri, serta pertempuran dengan market luar negeri. Apabila Mahasiswa STAN mampu menghadapi kelima pertempuran tersebut, barulah layak menjadi Menteri Keuangan.

from http://www.perbendaharaan.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: