Tanda Tanda Riya’

Tanda Tanda Riya’

Ada beberapa tanda tanda riya’, yaitu :

1. Menunda Ibadah dari waktunya tanpa udzur syar’i

Allah S.W.T berfirman dalam Al Qur’an,

“Maka kecelakaanlah bagi orang orang yang shalat, yaitu orang orang yang lalai dalam shalatnya. Orang orang yang berbuat riya’. Dan enggan (menolong dengan) barang yang berguna.” (Al Maa’uun :4-7).

2. Melakukan ibadah dengan bermalas malasan dan jiwa yang tidak bersih.

Allah S.W.T berfirman,

“Sesungguhnya orang orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka, apabila mereka berdiri untuk menegakkan shalat, mereka berdiri dengan malas, mereka bermaksud riya’ (dengan shalat) dihadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali (An Nisa’:142).

Orang yang riya’ tidak melakukan shalat karena kerinduan yang membara untuk dapat bertemu dengan Allah, berdiri di hadapanNya dan bermuwaajahah (tatap muka) denganNya. Mereka adalah orang yang ingin riya’ kepada orang lain. Oleh karenanya mereka melakukannya dengan bermalas malasan, seperti orang yang akan melakukan suatu pekerjaan berat, atau mengerjakan suatu hal yang sangat sulit. Mereka tidak mengingat Allah kecuali hanya sedikit, akan tetapi dia lebih mengingat manusia. Maka seua gerakannya disesuaikan dengan manusia. Apabila dia melihat manusia sedang mengamatinya, maka dia bergegas melakukan ibadah dan bahkan memperindah ibadahnya. Karena dia sedang merasa diamati manusia yang dia tuju. Hatinya dipenuhi dengan kecintaan kepada manusia, dan dia tidak ingat Allah kecuali hanya sedikit sekali.

Nabi S.A.W bersabda,

“Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain shalat Subuh dan shalat Isya’. Sekiranya mereka tahu pahal dalam dua shalat itu, tentu mereka mendatanginya meski pun dengan cara merangkak.” (Hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhari 2/141-Al Fath, Imam Muslim 5/145-Nawawi, dan para perawi lain dengan mengutip hadits Abu Hurairah R.A).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: