PPAKP Untuk Siapa ???

Departemen Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan benar-benar memiliki kometmen kuat untuk mewujudkan pelaporan keuangan pemerintah pusat yang akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kaidah yang diakui oleh standar internasional. komitmen kuat tersebut tampak dari dilaksanakannya Pendidikan dan Pelatihan secara terus menerus terutama dalam rangka PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH (PPAKP).
Awal PPAKP dilaksanakan internal Departemen Keuangan terutama Ditjen Perbendaharaaan, hal ini dimaksudnya dalam rangka mempersiapkan SDM yang benar-benar profesional sebagai tentor pendidikan dan pelatihan yang akan datang. tahap-tahap selanjutnya, PPAKP dilaksanakan menyeluruh kepada Kementerian / Lembaga penyelenggara pemerintahan.
lantas apa sebenarnya urgenitas penyelenggaraan PPAKP tersebut??? untuk siapa sebenarnya PPAKP???
mungkin belum banyak yang tahu kalau sampai saat ini, Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) masih disclaimer. penilaian tersebut diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak dimulainya reformasi Keuangan di Indonesia terutama sejak dimulainya sistem akuntansi pemerintah pusat. disadari atau tidak, meskipun LKPP masih dinilai sebagai disclaimer, namun patut diberikan apresiasi kepada Menteri Keuangan sekarang (Ibu Sri Mulyani) yang konsen dan fokus sekali terhadap sistem akuntansi pemerintah pusat, sehingga semenjak kepemimpinan beliau di Departemen Keuangan, kebijakan-kebijakan fundamental terkait sistem dimaksud benar benar muncul.
tentunya Ibu Sri Mulyani sangat memahami pentingnya sebuah laporan keuangan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang merupakan gambaran pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. masih disclaimernya LKPP sampai saat ini mendorong Departemen Keuangan sebagai institusi yang berkepentingan menyajikan LKPP dimaksud untuk terus menyempurnakannya. penyempurnaan tidak dapat dilakukan hanya pada internal Depkeu sendiri, yang diakui memiliki pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik terhadap sistem akuntansi pemerintah pusat. namun penyempurnaan perlu melibatkan seluruh kementerian / lembaga penyelenggara pemerintahan yang terkait dengan penyajian LKPP. masih kurangnya pengetahuan sebagian besar kementerian / lembaga terhadap sistem akuntansi pemerintah pusat merupakan salah satu kendala yang mempengaruhi penyajian LKPP. sebagian besar satuan kerja di kementerian / lembaga di luar Depkeu masih belum memiliki komitmen kuat untuk memberikan pelaporan keuangannya, disamping karena memang mereka kurang paham terhadap sistem yang berlaku, termasuk didalamnya belum memahami komponen komponen yang mendukung sistem tersebut.
untuk itulah, mungkin urgenitas penyelenggaraan PPAKP dilaksanakan secara terus menerus dan melibatkan seluruh kementerian / lembaga. diharapkan dengan pelaksanaan secar kontinu dapat lebih menyempurnakan sistem dan akhirnya menyempurnakan pula LKPP. tentunya tidak perlu dipertanyakan kembali untuk siapa penyelenggaraan PPAKP tersebut. output dari PPAKP diharapkan akan memunculkan tenaga tenaga yang lebih memahami dan kompeten untuk melaksanakan sistem akuntansi pemerintah pusat. tentunya dengan dilaksanakannya sistem tersebut dengan baik, akan menciptakan penyelenggaraan keuangan negara yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga penyimpangan keuangan negara dapat segera diminimalisasi atau dihilangkan. tentunya rakyat mengharapkan hal itu secepatnya terwujud.

3 Balasan ke PPAKP Untuk Siapa ???

  1. rinie mengatakan:

    assalamualaikum,, wr wb..
    terimakasih buat artikel2nya, sangat berguna bagi pengetahuan saya..
    slah satu artikel ditulis oleh Bpk. Syafri Adnan Baharuddin yang pernah menjadi pengajar saya.. saya kuliah di jurusan akuntansi pemerintahan, dan mau nanya PPAKP apakah cuma diadakan untuk SDM di lingkungan Depkeu (Ditjen Perbendaharaan) saja? Klo saya berminat mengikuti program pelatihan seperti itu kira2 saya bisa ikut dimana? sebelumnya trimakasih atas tanggapannya..
    wassalamualaikum, wr..wb..

    Saat ini PPAKP telah dilaksanakan untuk seluruh kementerian dan lembaga. untuk informasi lebih detail mengenai jadwal PPAKP, silahkan ke web http://www.perbendaharaan.go.id
    terima kasih

  2. labui mengatakan:

    Aslkm . .
    Apa yg tlah mengikuti PPAKP akan mendapatkan tunjangan khusus ssudah bersertifikat?

    • abusyadza mengatakan:

      sepertinya PPAKP arahnya bukan untuk mendapatkan tunjangan pak..maksud PPAKP diselenggarakan adalah guna percepatan pemahaman setiap satker terhadap Sistem Akuntansi Pemerintah sehingga Laporan Keuangan Pemerintah tidak lagi Disclaimer, transparan dan lebih dapat dipertanggungjawabkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: