3 Potensi dari Ramadhan

Bulan Ramadhan ga terasa telah berada di pertengahan, dan menuju ke akhirnya. Bagi sebagian orang akhir dari Ramadhan membuatnya sedih, sebagian lagi senang. Terlepas dari itu semua, datangnya Ramadhan memberikan dampak yang cukup besar bagi kita, di bulan yang penuh rahmat itu segenap potensi akan muncul dari diri kita, 3 diantara potensi itu adalah :

1. Potensi bagi diri kita untuk berbuat baik, potensi bagi kita untuk melakukan suatu kebaikan dan ibadah. Potensi ini muncul manakala kita mengetahui besarnya maslahat, besarnya kebaikan yang akan di dapat sebagai balasan dari kebaikan yang kita lakukan di bulan suci ini. Kita bisa melihat bagaimana kemampuan kita manakala di bulan Ramadhan yang pada bulan selainnya jarang dan bahkan susah untuk kita lakukan, yang paling sederhana adalah bagaimana kemampuan kita untuk membaca Al Qur’an selama bulan Ramadhan. di bulan ini sangat mudah bagi kita untuk mengkhatamkan Al Qur’an dalam satu bulan sekali atau bahkan beberapa kali dalam bulan ini, namun kenapa pada bulan selain Ramadhan sangat susah kita lakukan, bahkan dalam sehari pun kadang kita susah untuk menyempatkan diri membaca Al Qur’an. Ini seharusnya menjadikan renungan dan pelajaran buat kita bahwa potensi melakukan kebaikan ini seharusnya tetap ada dalam di diri kita meski kita telah meninggalkan Ramadhan.

2. Potensi yang kedua adalah potensi kepekaan diri kita terhadap orang lain. Bagaimana Ramadhan ini menumbuhkan potensi dalam diri kita untuk membentuk sikap dan kepedulian kita terhadap orang lain, bagaimana kita bertenggang rasa merasakan apa yang orang lain rasakan.

3. Potensi ketiga yang sangat penting adalah potensi kita untuk senantiasa beristiqamah dalam kebaikan, kebaikan dan ibadah yang kita lakukan di Ramadhan sudah seharusnya kita lakukan secara terus menerus..beristiqamah menuju ridha Allah sangat susah, sehingga Ramadhan harus membuat kita lebih istiqamah.

Wallahu’alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: