Tawakkal

Muhammad bin Abi ‘Imron menegaskan :”Aku pernah mendengar Hatim Al Ashom ditanya oleh seorang lelaki:’atas dasar apa engkau mendasari urusanmu sendiri saat bertawakkal kepada Allah?’ Beliau menjawab:’Di atas empat perkara, Pertama, aku tahu bahwa rezekiku tidak akan dimakan oleh orang lain, sehingga aku merasa tenang karenanya. Kedua, aku tahu bahwa amalanku tidak akan bisa dikerjakan orang lain, sehingga aku sibuk mengerjakannya. Ketiga, aku tahu bahwa kematian itu bisa datang dengan tiba tiba, sehingga aku segera beramal. Keempat, aku tahu bahwa aku tidak akan lepas dari pandangan Allah dimana pun aku berada, sehingga aku merasa malu karenanya.”

‘Abdullah bin Mubarok menyatakan:”Hai anak Adam, bersiaplah menghadapi akhirat, taatlah kepada Allah sebatas yang engkau butuhkan dan engkau pasti akan membutuhkannya. Buatlah Allah menjadi murka sebatas ketahananmu menghadapi kemurkaanNya dan pasti engkau tidak akan pernah bisa tahan murka sekecil apapun dari Allah. Maha Suci Allah, Rabb kami, kami tidak akan mampu menghitung pujian atas diriMu sebagaimana yang Engkau lakukan atas diri Mu sendiri, kami berbuat maksiat kepadaMu karena kejahilan kami, namun Engkau memaafkan kami dengan rahmatMu.

Berkata Sufyan “Berhati hatilah terhadap kemarahan Allah dalam tiga hal :Berhati hati agar engkau tidak teledor menjalankan perintah Allah, berhati hati agar engkau tidak merasa kecewa terhadap rezeki yang dibagikan oleh Allah, sementara Allah melihatmu, dan berhati hatilah agar engkau selalu mengambil dunia bukan dengan cara yang membuat Allah murka.

yang membagi bagikan rezeki di dunia ini Allah semata, sehingga kita harus meridhai semu rezeki banyak maupun sedikit, saat datang ataupun pergi, baik ketika dunia itu datang kepada kita maupun saat ia meninggalkan kita, kita senantiasa harus meridhai semua nasib dan jatah kita, jangan sampai menyibukkan pikiran kita, jangan merasa kecewa terhadap rezeki yang dibagikan oleh Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: